COLLECTIVE LEADERSHIP ERA POSTMODERN

Khairul Rijal • Sri Mulyono • Hastuti Marlina • Hetty Ismainar • Yohannes Don Bosco Doho 5 more
Book Widina Bhakti Persada Bandung • July 2020

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Dalam perkembangannya, praktek pemimpin dan kepemimpinan akan selalu mengikuti dinamika zaman dan perkembangan peradaban manusia, termasuk didalamnya mengikuti dinamika dan perkembangan ilmu dan teknologi, akan tetapi meskipun demikian prinsip dasar dari kepemimpinan tentu tidak pernah berubah. Secara filosofis kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang berorientasi kepada dua arah sekaligus, yakni mengacu kepada tujuan organisasi (goal oriented), dan bersamaan juga memperhatikan kebutuhan anggota yang dipimpinnya (member oriented) Sedangkan dinamika dan eksistensi Kepemimpinan di era postmodern adalah sebuah konsep kepemimpinan yang harus senantiasa dituntut untuk megedepankan pencapiaan visi bersama yang telah disepakati. Kepemimpinan ini menaruh perhatian pada budaya dan lambang-lambang makna yang dibentuk individu atau kelompok. Model ini juga fokus pada intrepretasi dari setiap individu di dalam organisasi.

Konsep kepemimpinan postmodern juga tidak bisa dilepaskan dari sebuah wacana atau diskursus yang terjadi diruang publik, seperti media masa, internet dan media sosial, bahkan tidak jarang kepemimpinan di postmodern ini lahir dari ruang diskurus tersebut yang meungkinkan siapapun bisa lahir menjadi seorang pemimpinan tanpa harus memandang kasta, ras, agama dan identitas primordialisme lainnya. Betapa kontras apabila dibandingkan dengan konsep ideal kepemimpinan dimasa lalu, seperti yang dapat kita dilacak dari pemimpin-pemimpin atau raja-raja pada abad Pertengahan di Barat yang cenderung oligarki dan terbatas pada kalangan tertentu saja, sehingga menutup peluang bagi calon-calon pemimpin diluar lingkaran kekuasaan.

Tentu akan lebih menarik apabila membahas konsep dan implementasi kepemimpinan kolektif postmodern pada sejumlah organisasi strategi seperti institusi pendidikan, Insitusi pemerintahan, Instsitusi Agama dan Insititusi bisnis. karena sejatinya keempat institusi tersebut merupakan role model sekaligus subjek strategis yang mampu berperan sebagai faktor penentu perubahan sebuah bangsa dan negara.

Metrics

  • 193 views
  • 116 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more