GURU, KARAKTER & NILAI PENDIDIKAN

Nana Suryana -.
Book chapter Widina Bhakti Persada Bandung • June 2020 Indonesia

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Menjadi guru adalah tugas dan pekerjaan yang tersulit di negeri ini demikian kata Nadiem Anwar Makarim, Mendikbud di era kabinet Indonesia maju. Mengapa sulit? Karena guru memiliki peran penting dalam menata kemajuan suatu bangsa ditengah-tengah kemorosotan moral dan akhlak bangsa. Melalui perannya guru bisa melahirkan orang-orang hebat, cerdas, dan berkarakter yang mampu menata masa depan bangsa lebih baik. Melalui guru pula suatu bangsa mampu bersaing kompetitif dengan negara lain di zamannya. Hal ini sejalan dengan pesan salah seorang pemenang nobel, Nelson Mandela bahwa pendidikan adalah investasi masa depan. Secara bahasa guru berasal dari kata 'Gu dan Ru'. Makna ini bertemali dengan arti guru harus dapat digugu dan ditiru peserta didik, keluarga, dan masyarakat. Digugu dan ditiru dalam ucapan, tindakan, maupun perilaku yang baik. Guru juga sebuah jabatan yang melekat pada diri guru. Sebutan guru tidak hanya berlaku pada saat seseorang melaksanakan tugas proses belajar mengajar (PBM), melainkan di luar proses pembelajaran pun.

Dalam konteks undang-undang, guru adalah pendidik professional yang tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Mendidik mengandung makna, bukan hanyak mentransfer ilmu dan keterampilan, tetapi transfer nilai, baik nilai ketuhanan (ilahiah), kepribadian, dan kebangsaan. Al-Imam Ibnu Athoillah Al-Askandary ra. menegasakan hakikat guru bukanlah yang engkau dengar ceramah-cermah dari lisannya saja, tetapi guru adalah orang tempatmu mengambil hikmah dan akhlak. Guru juga bukan hanya mengajakmu ke pintu, tetapi guru adalah orang yang bisa menyikap hijab (pintu) antara dirimu dan dirinya. Sebuah tugas berat dibebankan kepada guru.

Buku ini berusaha merefleksikan ihwal semesta pendidikan yang berkisar bagiamana hakikat guru, karakter guru dan pendidikan nilai yang digali dari nilai agama dan kearipan lokal. Buku ini juga mengajakan kita untuk bersama-sama memikirkan persoalan seputar pendidikan terutama kaitannya dengan pembentukan karakter yang sangat dibutuhkan bangsa kita dewasa ini.

Metrics

  • 107 views
  • 99 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more