PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
May 29, 2024
Sudarmono Sudarmono, Abang Hermanto

Metrik

  • Eye Icon 13 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 13 views  //  0 downloads
PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN Image
Abstrak

Dasar pendidikan itu adalah usaha untuk mencari ilmu pengetahuan dan dilaksanakan oleh pelaku pendidikan dengan penuh kesadaran. UU No. 20 Tahun 2003, dalam perspektif teoritik, pendidikan diartikan dan dimaknai secara beragam, tergantung dari sudut pandang masing-masing personal dan teori yang dianutnya. Ketidaksepahaman memaknai pendidikan dikalangan akademisi adalah suatu yang wajar, bahkan dapat dikatakan dapat memperkaya pola berpikir dan pada akhirnya mempunyai manfaat ke arah pengembangan tentang teori pendidikan. Dalam rangka memenuhi kepentingan nasional bangsa Indonesia, proses pendidikan kiranya dapat dirumuskan secara gamblang sehingga mempermudah kalangan yang terkait dengan dunia pendidikan, dengan tujuan agar insan pendidikan dapat mengaktualisasikan secara benar.

Secara garis besar telah dipaparkan bahwa pendidikan memuat dan mempunyai nilai baik dan luhur, benar dan layak. Oleh karena itu tujuan daripada pendidikan mempunyai dua kegunaan: Dapat memberi arah. Pendidikan dapat menjadi acuan didalam mencapai tujuan hidup. Melalui pendidikan, manusia akan memiliki gambaran yang lebih jelas terkait dengan cara mencapai tujuan hidup mereka. Pendidikan diharapkan dapat memberikan bekal yang cukup agar manusia paham tujuan mereka dan mampu menentukan langkah yang tepat dalam mencapainya.

Di dalam sistem pendidikan khususnya didalam praktiknya terdapat dua tujuan yaitu Umum dan Khusus, sebagai jembatan mencapai keduanya terdapat empat tujuan: Secara umum yaitu tujuan Pendidikan Nasional Indonesia untuk menjadikan manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila. Secara institusional merupakan tujuan lembaga pendidikan itu sendiri. Secara kurikuler merupakan tujuan mata pelajaran dalam mencapai tujuan. Secara instruksional merupakan inti pembahasan yang dilakukan oleh peserta didik didalam penguasaan materi. Pada hakikatnya pendidikan sangatlah penting untuk dilakukan baik secara formal maupun informal, suatu pendidikan dapat memberikan manfaat dan banyak kegunaan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MONOGRAF PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ONLINE
MONOGRAF PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ONLINE Image
TEORI KEUANGAN (Sebuah Kajian Literatur)
TEORI KEUANGAN (Sebuah Kajian Literatur) Image
AKUNTANSI MANAJEMEN (TEORI DAN APLIKASI)
AKUNTANSI MANAJEMEN (TEORI DAN APLIKASI) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 13 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 13 views  //  0 downloads