SISTEM HUKUM PIDANA ANAK DI INDONESIA
April 5, 2024
La Ode Ali Mustafa, Hadibah Z. Wadjo, Samaluddin Samaluddin, Miftakhul Huda, Hisam Ahyani + 9 more authors

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
SISTEM HUKUM PIDANA ANAK DI INDONESIA Image
Abstrak

Anak merupakan cikal bakal lahirnya suatu generasi baru yang merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber daya manusia bagi pembangunan Nasional. Anak adalah aset bangsa. Masa depan Bangsa dan Negara dimasa yang akan datang berada ditangan anak sekarang. Semakin baik kepribadian anak sekarang maka semakin baik pula kehidupan masa depan Bangsa. Begitu pula sebaliknya, apabila kepribadian anak tersebut buruk maka akan bobrok pula kehidupan Bangsa yang akan datang. Indonesia sebagai negara yang telah ikut meratifikasi Konvensi Hak-Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) mempunyai kewajiban untuk memberikan perlindungan khusus terhadap anak yang berhadapan dengan hokum.

Sistem hukum pidana anak di Indonesia mengacu pada undang-undang Nomor 3 Tahun 1997 dan Nomor 11 Tahun 2012. Anak pelaku tindak pidana dapat diproses secara penal atau non-penal sesuai dengan undang-undang tersebut.

Sistem pidana anak seharusnya mengutamakan pencegahan kejahatan anak dan memberikan intervensi awal untuk mencegah perburukan perilaku. Upaya preventif dapat melibatkan pendekatan pendidikan, rehabilitasi, dan dukungan keluarga untuk mencegah anak terlibat dalam kejahatan. Oleh karena itu sangatlah pentingnya memperlakukan anak-anak dengan adil, memprioritaskan rehabilitasi daripada hukuman, dan mengakui hak-hak khusus yang dimiliki anak-anak dalam sistem pidana anak.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN & PENGEMBANGAN
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN \u0026 PENGEMBANGAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads