VALUASI ASSET KEUANGAN
Abril 12, 2024
Ranila Suciati, Jubaedah Jubaedah, Siti Hidayati

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
VALUASI ASSET KEUANGAN Image
Abstract

Valuasi Asset Keuangan merupakan salah satu bidang dalam manajemen keuangan yang bertujuan untuk menentukan nilai pasar wajar suatu aset, terutama dalam konteks valuasi aset keuangan. Valuasi adalah elemen krusial dari investasi yang sukses. Dalam aktivitas perdagangan di pasar finansial, analisis instan berdasarkan informasi yang terfragmentasi mungkin menarik bagi sebagian pihak. Namun, sejarah menunjukkan bahwa volatilitas pasar sering kali mengganggu pengambilan keputusan yang rasional dan dapat mengarah pada kesalahan. Banyak pelaku pasar cenderung terlalu fokus pada berita jangka pendek tanpa mempertimbangkan apakah informasi tersebut berdampak positif atau negatif, dan apakah sudah tercermin dalam harga aset atau belum. Kinerja jangka panjang aset keuangan sangat terkait dengan valuasi fundamentalnya. Faktor-faktor fundamental seperti kondisi makroekonomi, manajemen perusahaan, prospek pendapatan, dan kekuatan neraca serta arus kas, memengaruhi nilai dasar aset. Pengambilan keputusan investasi yang tepat saat ini harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dengan cermat. Baik individu maupun perusahaan harus mampu membuat keputusan investasi yang tepat.

Banyak investor, baik institusional maupun individu, sering kali gagal mengenali kapan evaluasi investasi yang sederhana bisa menyesatkan. Misalnya, rasio harga terhadap pendapatan (P/E ratio) dari sebuah saham dapat ditafsirkan secara berbeda tergantung pada kondisi inflasi dan suku bunga. Begitu pula, industri tempat perusahaan beroperasi dan volatilitas pendapatan dapat memengaruhi penilaian yang tepat terhadap sebuah aset. Para penulis memberikan pedoman tentang metodologi yang sesuai dengan kondisi tertentu.

Opsi investasi saat ini mencakup berbagai kategori aset keuangan, dan dengan adanya globalisasi arus modal, tersedia berbagai kesempatan investasi. Banyak entitas tidak dapat menemukan pembiayaan yang sesuai di pasar ekuitas dan utang publik, sehingga mereka mencari alternatif pembiayaan. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan literasi keuangan agar sesuai dengan tuntutan pasar saat ini. Dalam buku ini, pembaca akan mendapatkan pemahaman tentang pergerakan jangka pendek dan aliran berita di pasar keuangan, serta berbagai metode analisis perusahaan dan sekuritas mereka. Mereka juga akan memperoleh wawasan tentang peran analis profesional, tantangan yang dihadapi, dan peran kinerja perusahaan dalam penilaian akhir saham dan instrumen keuangan terkait.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PROGRAM LINIER (TEORI DAN APLIKASI)
PROGRAM LINIER (TEORI DAN APLIKASI) Image
USHUL FIQH
USHUL FIQH Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads