KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) INDONESIA
Octubre 6, 2023
Andi Taufan, Jeanne Ivonne Nendissa, James Sinurat, Monica Feronica Bormasa, Heillen Martha Yosephine Tita + 5 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) INDONESIA Image
Abstract

Kearifan lokal adalah identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar/bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri. Ciri-ciri serta kepribadian tadi tentunya menyesuaikan memakai pandangan hidup masyarakat lebih kurang supaya tidak terjadi pergeseran nilai-nilai. Kearifan lokal merupakan galat satu wahana pada watak kebudayaan dan mempertahankan diri berasal kebudayaan asing yang tidak baik. Kearifan lokal ialah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta aneka macam strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan sang warga lokal dalam menjawab banyak sekali dilema pada pemenuhan kebutuhan mereka.

Pada bahasa asing seringkali pula dikonsepsikan menjadi kebijakan setempat local wisdom atau pengetahuan setempat “local knowledge” atau kecerdasan setempat lokal. Aneka macam seni manajemen dilakukan oleh masyarakat setempat untuk menjaga kebudayaannya. Jika dilihat, 'kearifan' secara bahasa, bisa diartikan menjadi kebijaksanaan atau kecerdasan atau kepandaian; dan pengertian 'lokal' di hal ini diartikan menjadi ruang yang luas, bersikap secara terbatas, wilayah, setempat. Kearifan lokal dalam konteks ini ialah kebijakan atau kecerdasan atau nalar budi yang dimiliki sang warga setempat pada upaya bertindak mengatasi kesulitan atau pertarungan diwilayahnya.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
10 HARI DI LAB HIDROLIKA
10 HARI DI LAB HIDROLIKA Image
METODE PENELITIAN KUALITATIF
METODE PENELITIAN KUALITATIF  Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads