FISIKA UNTUK UNIVERSITAS
Septiembre 1, 2023
Don Jaya Putra

Metrics

  • Eye Icon 69 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 69 views  //  0 downloads
FISIKA UNTUK UNIVERSITAS Image
Abstract

Sebagian besar mahasiswa menganggap fisika adalah matakuliah yang sulit. Ada banyak faktor mengapa stereotip ini melekat pada fisika, diantara yang paling berpengaruh adalah buku ajar yang digunakan sangat kaku dan pembahasan yang tidak runut serta miskinnya penyertaan contoh-contoh kasus yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga fisika terasa “tidak ada” dalam dunia nyata dan bahkan lebih jauh sebagian mahasiswa menganggap fisika adalah ilmu yang tidak berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai upaya menepis stereotif yang kurang tepat tentang fisika tersebut, maka disusunlah buku Fisika Untuk Universitas ini yang fokus pada pemahaman konsep fisika dengan pendekatan terpadu, sederhana dan tersitematis. Terpadu adalah konsep-konsep yang disajikan dalam buku ini terintegrasi satu dengan lainnya. Sehingga menghasilkan penjelasan yang utuh, konkret dan menyeluruh. Adapun yang dimaksud dengan sederhana adalah buku Fisika Untuk Universitas ini ditulis dengan menyajikan konsep-konsep rumit dalam gaya bahasa yang lebih lugas, ringkas, dan mudah dimengerti. Sedangkan tersistematis adalah tata urutan dan pembahasan soal-soal ditulis dengan struktur yang runut sedemikian rupa sehingga penyajian materi dan pembahasan soal-soal tidak terkesan melompat dari suatu bahasan ke bahasan lain, melainkan disertai keterangan dan kalimat hubung yang jelas sehingga dapat menuntun mahasiswa/pengajar untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan menyeluruh.
Selain itu buku ini diperkaya dengan beragam contoh soal dan pembahasan di setiap bab dalam berbagai tipe soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Diharapkan dengan berbagai contoh-contoh soal yang sudah disediakan mahasiswa dapat memahami konsep dan penerapan konsep fisika untuk memecahkan berbagai persoalan fisis.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
SENSOR DAN AKTUATOR: KONSEP DASAR DAN APLIKASI
SENSOR DAN AKTUATOR: KONSEP DASAR DAN APLIKASI Image
ASEAN OUTLOOK ON INDO-PACIFIC PERSPEKTIF PERTAHANAN INDONESIA
ASEAN OUTLOOK ON INDO\u002DPACIFIC  PERSPEKTIF PERTAHANAN INDONESIA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 69 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 69 views  //  0 downloads