MANAJEMEN MASJID
Julio 22, 2022
Muhammad Imanuddin, Eko Sudarmanto, Agus Yulistiyono, Imanuddin Hasbi, Tessa Eka Darmayanti + 8 more authors

Metrics

  • Eye Icon 579 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 579 views  //  0 downloads
MANAJEMEN MASJID Image
Abstract

Rumah ibadah merupakan sarana keagamaan yang penting bagi pemeluk agama di suatu tempat. Selain sebagai simbol “keberadaan” pemeluk agama, rumah ibadah juga sebagai tempat penyiaran agama dan tempat melakukan ibadah. Artinya fungsi rumah ibadah di samping sebagai tempat peribadahan diharapkan dapat memberikan dorongan yang kuat dan terarah bagi jamaahnya, agar kehidupan spiritual keberagaman bagi pemeluk agama tersebut menjadi lebih baik dan salah satu tempat ibadah yang dimaksud adalah masjid. Masjid adalah Baitullah tempat umat Islam beribadah dan kembali kepada-Nya. Masjid merupakan simbol tempat pengabdian kepada Allah SWT, berjama’ah dalam shaf-shaf yang teratur.

Sikap dan perilaku egaliter dapat dirasakan, kebersamaan dan ukhuwah nampak dengan jelas, serta perasaan saling mengasihi sesama muslim terbentuk dengan baik. Di sini pula semangat Islam dan kesatuan jama’ah menjadi nyata. Sebuah lembaga kekuatannya bertumpu pada kecerdasan anggotanya serta keteguhan aqidah yang kemuliaan akhlaknya. Maka manusia sebagai aset manajemen harus diperhitungkan dan dikembangkan otak dan ruhaninya. Untuk mengembangkan keduanya diperlukan ilmu yang Jika manajemen sudah meletakkan dasar pada pentingnya kedudukan insan dalam pencapaian tujuan sebuah lembaga atau organisasi, lalu apa fungsi dan tujuan masjid itu sendiri.

Al Qur’an sudah menggariskan bahwa masjid diperuntukkan bagi orang-orang bertaqwa. Itu berarti menegakkan ketaqwaan merupakan asas fundamental dari kehadiran masjid di tengah masyarakat. Dalam praktek, Rasulullah menempatkan masjid tidak hanya sebagai tempat sholat lima waktu, tapi lebih dari itu masjid dijadikan sebuah pusat peradaban. Artinya, masjid dijadikan pusat pertahanan, pemerintahan, pendidikan, sosial, budaya dan bahkan seni. Dengan kata lain Nabi Muhammad SAW mencontohkan bahwa sebuah masjid merupakan sumber pendorong kemajuan masyarakat di sekitarnya. Manajemen Masjid adalah proses atau usaha mencapai kemakmuran masjid yang ideal yang dilakukan oleh pemimpin pengurus masjid bersama staf dan jamaahnya melalui berbagai aktivitas yang positif. Manajemen Masjid juga merupakan upaya memanfaatkan faktor-faktor manajemen dalam menciptakan kegiatan masjid yang lebih terarah dan diperlukan pendekatan sistem manajemen, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGANTAR PERBANKAN SYARIAH
PENGANTAR PERBANKAN SYARIAH Image
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING DENGAN DESAIN ASSURE DAN PEDATI
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING  DENGAN DESAIN ASSURE DAN PEDATI Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 579 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 579 views  //  0 downloads