PENGANTAR BISNIS ISLAM
Julio 28, 2021
Sakirah Sakirah, Syarifuddin Syarifuddin, Hisam Ahyani, Memet Slamet, Rahmatul Huda + 9 more authors

Metrics

  • Eye Icon 514 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 514 views  //  0 downloads
PENGANTAR BISNIS ISLAM Image
Abstract

Menurut Islam, bisnis adalah sesuatu yang dihalalkan dan sangat dianjurkan oleh ajaran Islam, bahkan bisnis juga dilakukan oleh Nabi dan Sahabat Rasulullah di zaman dahulu. Sangat banyak sekali sahabat-sahabat Nabi yang merupakan para pembisnis dan dari hartanya tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan Islam. oleh karena itu, Islam pun mengharapkan agar bisnis yang dilakukan oleh seorang Muslim tidak hanya memiliki keuntungan untuk diri sendiri melainkan juga dapat memberikan manfaat yang banyak kepada banyak orang. Hal ini sesuai dengan prinsip Islam yang rahmatan lil alamin.
Buku ini menguraikan mengenai bagaimana aktivitas bisnis bisa dijalankan tetapi dengan tetap mengedepankan pokok-pokok serta prinsip maqhasid syariah dalam menjalankan bisnis nya, selain itu buku ini juga menjelaskan secara lengkap tentang prinsip bisnis yang mengacu kepada prinsip keadilan dan kompetisi yang fair. Kemudian bisnis Islam juga bukanlah hal yang sekedar mendapatkan keuntungan namun juga mengedepankan nilai-nilai yang dimiliki oleh syariah, karena pada prinsipnya orientasi dari bisnis Islam bukan hanya tertuju kepada aspek keuntungan privat saja melainkan kepada orang-orang lain yang juga terlibat dalam bisnis tersebut baik secara langsung atau tidak.
Oleh karena itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang Bisnis Islam, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang Bisnis Islam.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
HUKUM BISNIS
HUKUM BISNIS Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 514 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 514 views  //  0 downloads