ASPEK HUKUM BISNIS
Septiembre 1, 2020
Daulat Nathanael Banjarnahor, Ika Atikah, Setiyo Utomo, Arvita Hastarini, Irwan Moridu + 10 more authors

Metrics

  • Eye Icon 1851 views
  • Download Icon 263 downloads
Metrics Icon 1851 views  //  263 downloads
ASPEK HUKUM BISNIS Image
Abstract

Hukum bisnis terdiri dari 2 hal yang berbeda yaitu hukum dan bisnis, di mana masing-masing memiliki definisinya masing-masing. Menurut seorang ahli hukum yaitu H.M.N. Purwosutjipto, hukum adalah keseluruhan norma, yang oleh penguasa negara atau penguasa masyarakat dinyatakan atau dianggap sebagai peraturan yang mengikat bagi sebagian atau seluruh anggota masyarakat, dengan tujuan untuk mengadakan suatu tata yang dikehendaki oleh penguasa tersebut. Sedangkan bisnis dapat diartikan sebagai semua aktivitas yang melibatkan penyediaan barang dan jasa yang diperlukan dan diinginkan oleh orang lain yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Munir Fuady mengatakan bahwa Hukum Bisnis merupakan suatu perangkat atau kaidah hukum termasuk upaya penegakannya yang mengatur mengenai tata cara pelaksanaan urusan atau aktivitas dagang, industri, atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari para enterpeneur dalam risiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif untuk mendapatkan keuntungan.

Adapun fungsi dari hukum bisnis antara lain sebagai sumber informasi yang berguna bagi praktisi bisnis, untuk memahami hak-hak dan kewajiban dalam praktisi bisnis, agar terwujudnya watak dan perilaku aktivitas dibidang bisnis yang berkeadilan, wajar, sehat dan dinamis.

Aturan-aturan hukum itu dibutuhkan karena pihak-pihak yang terlibat dalam persetujuan bisnis itu membutuhkan sesuatu yang lebih daripada sekadar janji serta itikad baik saja. Kemudian adanya kebutuhan untuk menciptakan upaya-upaya hukum yang dapat digunakan seandainya salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya, tidak memenuhi janjinya.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
DASAR-DASAR MIKROBIOLOGI DAN PENERAPANNYA
DASAR\u002DDASAR MIKROBIOLOGI DAN PENERAPANNYA Image
KETAHANAN PANGAN DALAM EKONOMI PERTAHANAN FOOD RESILIENCE IN ECONOMICS DEFENSE
KETAHANAN PANGAN DALAM EKONOMI PERTAHANAN FOOD RESILIENCE IN ECONOMICS DEFENSE Image
HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM
HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1851 views
  • Download Icon 263 downloads
Metrics Icon 1851 views  //  263 downloads