MENJAWAB KOMPLEKSITAS HUKUM DI TENGAH MASYARAKAT Narkotika, Kekerasan Seksual, dan Perlindungan Anak
Haziran 24, 2024
Herry Tarmidjie Noor, Diane Prihastuti, Fahmi Ali Ramdhani, Fitri Wahyuni, Hendri Darma Putra + 36 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
MENJAWAB KOMPLEKSITAS HUKUM DI TENGAH MASYARAKAT Narkotika, Kekerasan Seksual, dan Perlindungan Anak Image
Abstract

Badan Narkotika Nasional (BNN) menjadi lembaga yang ditunjuk untuk melakukan rehabilitasi pada pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika. Tahapan rehabilitasi meliputi rehabilitasi medis (detoksifikasi), rehabilitasi nonmedis (konseling dan terapi kelompok), dan tahap bina lanjut (after care), di mana pecandu diberikan aktivitas yang sesuai dengan minat dan bakatnya untuk mengisi kegiatan sehari-hari dan kembali beraktivitas normal. Dengan demikian, penyalahgunaan narkotika di Indonesia membawa dampak sosial yang luas dan beragam, merugikan baik dari segi kesehatan, keamanan, dan ekonomi. Upaya pencegahan dan penanganan melalui hukum dan rehabilitasi menjadi sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Buku ini lahir dari keinginan mendalam untuk menjembatani kesenjangan informasi antara hukum dan masyarakat, khususnya dalam menghadapi isu-isu hukum yang sering menjadi pertanyaan dan kebingungan di kalangan masyarakat, seperti masalah narkotika, kekerasan seksual, hukum pidana, serta perlindungan anak. Kami menyadari bahwa hukum tidak selalu mudah diakses atau dipahami oleh masyarakat luas. Terdapat banyak pertanyaan yang muncul di tengah masyarakat mengenai bagaimana hukum dijalankan, ditegakkan, serta bagaimana masyarakat dapat mengakses keadilan dengan cara yang tepat. Buku ini dirancang sebagai jembatan pengetahuan, memberikan informasi yang jelas, mudah dipahami, dan terpercaya terkait berbagai masalah hukum yang sering kali menjadi sorotan.

Isu narkotika, sebagai salah satu topik utama, dibahas dengan mendalam untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana hukum mengatur dan memberantas penyalahgunaan narkotika. Buku ini menyentuh masalah kekerasan seksual yang akhir-akhir ini menjadi sorotan publik, dengan harapan memberikan pencerahan dan juga solusi terhadap masalah tersebut. Selain itu, buku ini juga mengeksplorasi berbagai aspek hukum mengenai organisasi masyarakat, termasuk bagaimana perlindungan anak dibentuk dalam tataran regulasi, proses pembukan dan perlindungan hukum juga menjadi salah satu isu yang sangat penting dan mendapat tempat khusus dalam buku ini.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads