KESEHATAN MASYARAKAT
Mart 2, 2024
Susana Setyowati, Dipo Wicaksono, Elpira Elpira, Anggi Putri Aria Gita, Qotimah Qotimah + 5 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
KESEHATAN MASYARAKAT Image
Abstract

Kesehatan masyarakat merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan. Dalam hal ini kondisi kesehatan masyarakat dijadikan sebagai bentuk evaluasi dari program indonesia sehat. Selain itu dalam sasaran MGDS terdapat empat sasaran yang terkait secara langsung dengan peningkatan kesehatan masyarakat. Masalah-masalah kesehatan yang banyak terjadi di masyarakat diantaranya yaitu tingginya angka pertumbuhan penduduk, disparitas status kesehatan, beban kerja penyakit, peningkatan kematian akibat kecelakaan, dan menurunnya mutu kesehatan keluarga, terutama kesehatan ibu dan anak. Masalah kesehatan di Indonesia seakan belum menemukan cara penyelesainnya.
Sesuai dengan perkembangan ilmu ada beberapa disiplin ilmu yang mendasari ilmu kesehatan masyarakat antara lain: biologi, kedokteran, kimia, fisika, ilmu lingkungan, sosiologi, antropologi (ilmu yang mempelajari budaya pada masyarakat), psikologi, dan ilmu pendidikan. Oleh karena itu, ilmu kesehatan masyarakat merupakan ilmu yang multidisiplin. Ilmu yang secara garis besar menopang ilmu kesehatan masyarakat (disebut sebagai pilar utama ilmu kesehatan masyarakat).
Buku ini dirancang sebagai sumber pengetahuan yang komprehensif, membahas berbagai aspek kesehatan masyarakat, mulai dari konsep dasar dan ruang lingkupnya, hingga berbagai strategi dalam promosi kesehatan, pencegahan penyakit, pelayanan kesehatan masyarakat, hingga ke sektor kesehatan anak, penyakit menular, kesehatan lingkungan, kesehatan jiwa masyarakat, dan kesehatan kerja hingga lansia. Melalui uraian yang komprehensif, diharapkan pembaca dapat mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai peran serta masyarakat dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PEMELIHARAAN ALAM SEBAGAI TANGGUNG JAWAB KRISTEN (SEBUAH KAJIAN TEOLOGI KRISTEN TENTANG ALAM)
PEMELIHARAAN ALAM SEBAGAI TANGGUNG JAWAB KRISTEN (SEBUAH KAJIAN TEOLOGI KRISTEN TENTANG ALAM) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads