MANAJEMEN AGRIBISNIS ABAD 21
Ocak 24, 2024
Anggi Fatmayati, Hasiun Budi, Muhammad Andri Zuliansyah, Leni Sabrina, Devi Arieni + 4 more authors

Metrics

  • Eye Icon 18 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 18 views  //  0 downloads
MANAJEMEN AGRIBISNIS ABAD 21 Image
Abstract

Manajemen agribisnis merupakan pembahasan yang mencakup konsep-konsep seperti budidaya tanaman, agrikimia, produksi pangan, penyediaan benih, dan lain-lain yang terkait dengan usaha pertanian. Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi kegiatan usaha tani, pengolahan bahan makanan, usaha sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan berbagai kegiatan lainnya termasuk distribusi bahan pangan dan serat-seratan kepada konsumen.
Salah satu faktor kunci dalam pemasaran dan distribusi produk agribisnis adalah pengetahuan tentang target pasar. Setiap produk pertanian memiliki segmen pasar yang spesifik, baik itu penggemar sayuran organik, pecinta buah-buahan segar, atau mereka yang mencari bahan baku berkualitas tinggi untuk industri makanan. Memahami kebutuhan dan preferensi dari segmen ini akan membantu para petani untuk memasarkan produk mereka dengan lebih efektif.
Pada dasarnya banyak aspek manajemen yang terkait dalam manajemen agribisnis tetapi yang penting dan terkait dengan aktivitas dengan agribisnis ini terdiri atas manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia dan manajemen risiko. Terdapat 5 aspek penting yaitu penyusunan atau rumusan visi dan misi bisnis, rencana pemasaran, rencana produksi, rencana keuangan dan rencana sumber daya. Fungsi agribisnis diatur dalam suatu sistem, dimana semua fungsi tersebut menjadi berbagai subsistem. Sistem Industri Pertanian ini hanya dapat berfungsi dengan baik jika semua subsistem yang dikandungnya dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya. Jika terjadi masalah pada salah satu subsistem, maka sistem yang dimaksud akan mengalami masalah.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
EKONOMI SYARIAH
EKONOMI SYARIAH Image
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 18 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 18 views  //  0 downloads