PERADILAN AGAMA DI INDONESIA (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIK HUKUM ISLAM DI INDONESIA)
Şubat 7, 2023
Sofia Gussevi

Metrics

  • Eye Icon 87 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 87 views  //  0 downloads
PERADILAN AGAMA DI INDONESIA (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIK HUKUM ISLAM DI INDONESIA) Image
Abstract

Peradilan Agama berkaitan erat dengan pelaksanaan hukum Islam di Indonesia. Peradilan Agama merupakan salah satu pranata hukum Islam yang menjadi satu kesatuan dengan politik hukum Islam di Indonesia sejak kerajaan Islam muncul di Indonesia.

Undang-Undang Peradlan Agama baru menjadi bagian integral dari kelengkapan pelaksanaan hukum Islam di Indonesia pada tahun 1989. Dalam perkembangannya, baik mengenai status, kedudukan dan kewenangan Peradilan Agama mengalami dinamika yang sangat menarik untuk dikaji.

Pada dasarnya susunan buku ini mengikuti silabi mata kuliah Peradilan Agama di Indonesia. Sebelum masuk ke penjelasan mengenai sejarah Peradilan Agama di Indonesia itu sendiri, dalam buku ini saya memulai dari uraian mengenai Peradilan Agama dan Peradilan Islam. Kemudian dilanjutkan dengan uraian Model Pengkajian Peradilan Islam di Indonesia. Setelah itu baru membahas tentang sejarah Peradilan agama di Indonesia, diawali dengan Peradilan Agama pada masa Kesultanan sampai kepada Peradilan Agama pada masa Reformasi, termasuk diuraikan juga Prospek Peradilan Agama.
Dewasa ini buku-buku khususnya tentang sejarah Peradilan Agama di Indonesia dirasa masih kurang. Buku ini hadir menawarkan cara mudah dalam memahami sejarah keberadaan Peradilan Agama dan pelaksanaan hukum Islam di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan buku ini bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum khususnya Program Studi Hukum Keluarga Islam ataupun bagi masyarakat umum untuk memenuhi kebutuhannya akan buku-buku tentang Peradilan Agama di Indonesia.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 87 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 87 views  //  0 downloads