STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL MELALUI METODE SOAR PADA ERA COVID-19
Şubat 4, 2023
Irwansyah Irwansyah, Maya Sari Dewi, Novia Nour Halisa

Metrics

  • Eye Icon 2 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 2 views  //  0 downloads
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL MELALUI METODE SOAR PADA ERA COVID\u002D19 Image
Abstract

Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Pariwisata termasuk dalam industri jasa. Kebutuhan wisatawan muslim diyakini memiliki kebutuhan khusus dibandingkan dengan wisatawan pada umumnya. Wisata halal sebagai bagian dari industri halal tidak akan menarik konsumen domestik, tetapi juga konsumen internasional.

Wisata halal bukan berarti mengganti suatu kawasan menurut syariat Islam, melainkan destinasi tersebut memiliki fasilitas atau pelayanan yang ramah dan hangat bagi setiap wisatawan muslim yang berkunjung. Destinasi pariwisata andalan kota Banjarmasin ini adalah daerah bantaran sungainya. Pada daerah bantaran sungai di Kota Banjarmasin memiliki beberapa objek wisata halal. Objek wisata tersebut antara lain: Mesjid Sultan Suriansyah di bantaran Sungai Kuin, Mesjid Jami Sungai Jingah di bantaran Sungai Martapura, Mesjid Sabilal Muhtadin, Makam Habib Basirih, Makam Datu Anggah, dan Makam Surgi Mufti di Sungai Jingah. Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata halal perkotaan di Indonesia.

Buku ini bertujuan untuk menyajikan hasil identifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal untuk pengembangan pariwisata halal pasca pandemi Covid-19 dan menyajikan pembahasan terkait strategi pengembangan pariwisata halal menggunakan Metode SOAR.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 2 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 2 views  //  0 downloads