PENGEMBANGAN POTENSI EKOWISATA MANGROVE
Ocak 12, 2023
Putri Tipa Anasi, Budiman Tampubolon, Widad Diastika Umairah

Metrics

  • Eye Icon 14 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 14 views  //  0 downloads
PENGEMBANGAN POTENSI EKOWISATA MANGROVE Image
Abstract

Ekowisata Mangrove Telok Berdiri merupakan salah satu tempat wisata berbasis konservasi di Kabupaten Kubu Raya, yang termasuk dalam lokasi strategis dalam pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Ekowisata Mangrove Telok Berdiri Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya yang meliputi:
(1) Potensi Ekowisata
(2) Pengelolaan dan Pelayanan
(3) Data Jumlah Pengunjung dan
(4) Perubahan Fisik.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi observasi dilokasi ekowisata Mangrove Telok Berdiri dengan menggunakan pedoman ADO-OTWA, wawancara dengan pihak masyarakat yang tinggal disekitar objek ekowisata Mangrove Telok Berdiri, dengan pihak Dinas Kabupaten Kubu Raya dan Pihak Pengelola Ekowisata Mangrove Telok Berdiri dan melakukan kegiatan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan di Ekowisata Mangrove Telok Berdiri seperti mengenai kondisi jalan, adanya atraksi buatan yang masih sedikit dan tidak bervariasi, fasilitas yang masih belum lengkap serta pengelolaan dan pelayanan yang harus diperbaiki lagi serta koordinasi antara Pemerintah – Pengelola – masyarakat. Selain itu, pendanaan yang minim menyebabkan perkembangan yang dilakukan secara bertahap dan cenderung lambat.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
GENETIKA DAN BIOLOGI REPRODUKSI
GENETIKA DAN BIOLOGI REPRODUKSI Image
FINTECH SYARIAH
FINTECH SYARIAH Image
LINGKUNGAN PEMASARAN DAN STRATEGI PASAR
LINGKUNGAN PEMASARAN DAN STRATEGI PASAR Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 14 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 14 views  //  0 downloads