AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH
Aralık 24, 2022
Surya Putra, Hartoto Hartoto, Misno Misno, Zainal Abidin, Sri Adella Fitri + 11 more authors

Metrics

  • Eye Icon 101 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 101 views  //  0 downloads
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH Image
Abstract

Bank Syariah merupakan sebuah lembaga keuangan syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip prudensialitas perbankan dan kaidah-kaidah syariah Islam. Kebutuhan mengenai prosedur dan proses akuntansi yang relevan dengan sistem perbankan syariah mutlak diperlukan. Karena hal ini akan mempengaruhi seluruh elemen yang terkait dengan sistem perbankan syariah. Stakeholder industri perbankan syariah antara lain pemilik modal, karyawan, nasabah, pemerintah maupun stakeholder lainnya memerlukan suatu sistem pengungkapan standar yang disetujui semua pihak serta dapat dipahami untuk mengukur kinerja perbankan syariah.

Untuk itu, buku akuntansi perbankan syariah ini hadir untuk menjawab kebutuhan bagi dunia akademis maupun praktis akan sebuah pedoman yang memuat seluk beluk akuntansi perbankan syariah secara menyeluruh. Dengan membaca buku ini, diharapkan akan memperoleh pemahaman secara komprehensif tentang bagaimana akuntansi perbankan syariah.

Pembahasan mengenai akuntansi perbankan syariah diberikan secara runtut dimulai dari bagaimana sejarah perkembangan lembaga keuangan syariah dan perkembangan akuntansi syariah. Dibahas juga tentang prinsip-prinsip dasar, operasional bank syariah. Buku ini juga akan memberikan pemahaman mengenai kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah. Mekanisme pencatatan kegiatan utama perbankan syariah, yaitu penghimpunan dana dan pembiayaan juga dituangkan secara lengkap. Akad-akad transaksi syariah seperti Mudharabah, Murabahah, Musyarakah, Salam, Istishna’, Ijarah, Qardhul Hasan (Dana Kebajikan), Qardh, bahkan akuntansi Kas, Kliring dan Pajak tersaji secara sistematis.

Akhirnya, besar harapan kami bahwa buku ini akan membawa manfaat untuk proses pembelajaran perbankan syariah di kalangan akademisi maupun juga para praktisi yang memerlukannya. Insya Allah.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PASPOR: SEJARAH, FUNGSI, DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA DIGITAL
PASPOR: SEJARAH, FUNGSI, DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA DIGITAL Image
STRATEGI PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN DAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (STUDI KASUS KOTA MEDAN)
STRATEGI PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN DAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA  (STUDI KASUS KOTA MEDAN) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 101 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 101 views  //  0 downloads