MOTOR BAKAR PADA MESIN KONVERSI ENERGI
Aralık 20, 2022
Rovida C. Hartantrie, I. Gede Eka Lesmana, Arif Riyadi T. K., Reza Abdu Rahman, Agung Nugroho

Metrics

  • Eye Icon 603 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 603 views  //  0 downloads
MOTOR BAKAR PADA MESIN KONVERSI ENERGI Image
Abstract

Termodinamika merupakan pemahaman paling mendasar terkait dengan interaksi energi yang ada pada bidang mekanika maupun kimia. Proses, batasan sistem dan juga perubahan sifat fluida kerja menjadi kunci penting untuk kebutuhan analisis sistem energi yang melibatkan siklus termodinamika. Termodinamika sendiri menjadi syarat pada mata kuliah lanjutan seperti mesin konversi energi. Mesin konversi energi membahas tentang pemanfaatan proses termodinamika yang melibatkan adanya perubahan energi, khususnya dari energi kimia pada bahan bakar yang dikonversi melalui proses pembakaran yang bersifat eksotermis.

Memperhatikan hal tersebut, buku ini secara spesifik didesain sebagai buku ajar pegangan untuk kajian motor bakar pada mesin konversi energi. Motor bakar yang dianalisis meliputi adanya siklus Otto dan Diesel, serta bagaimana hubungan kedua siklus tersebut pada prinsip mekanika (kerja mekanis) dan prinsip kimia terkait dengan perubahan energi. Pembahasan yang lebih spesifik diharapkan dapat memberikan acuan yang lebih jelas sebagai bahan ajar tambahan untuk motor bakar pada mesin konversi energi, termasuk juga pada contoh kasus untuk bahan ajar teknik kimia terapan terkait dengan proses perubahan energi melalui peristiwa pembakaran yang bersifat eksotermis.

Buku ini disusun secara deduktif yang dimulai dengan pengantar konversi energi dan termodinamika sebagai fondasi pemahaman utama. Selanjutnya pembahasan fokus pada prinsip kerja motor bakar yang menggabungkan dua aspek penting terkait dengan mekanika dan juga reaksi kimia pembakaran. Setelah menguasai dua aspek fundamental dan satu aspek spesifik, maka dua bab berikutnya fokus pada contoh model siklus motor bakar yang paling umum digunakan yakni siklus Otto dan Diesel. Diharapkan melalui kehadiran buku ini, pembahasan terkait dengan motor bakar pada mesin konversi energi menjadi lebih menarik dan memiliki kedalaman keilmuan yang lebih kuat guna mencapai luaran pembelajaran yang lebih tinggi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGANTAR EKONOMI MIKRO
PENGANTAR EKONOMI MIKRO  Image
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 603 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 603 views  //  0 downloads