FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Kasım 12, 2022
Muhammad Nuzli, Ahmad Fajar, Heny Kristiana Rahmawati, Farah Chalida Hanoum T., Uun Kurnaesih + 8 more authors

Metrics

  • Eye Icon 12495 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 12495 views  //  0 downloads
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Image
Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik yang menyangkut daya pikir (intelektual) maupun daya perasaan (emosional) menuju kearah tabiat atau perilaku manusia yang berkemanusiaan. Selain itu pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran ataupun latihan bagi perannya dimasa mendatang sebagaimana termaktub dalam UU. No.2/1989/tentang Pendidikan Nasional, bab 1, pasal 1, ayat (1). Sedangkan Islam adalah keselamatan, aturan, pembeda, agama. Sedangkan agama Islam adalah agama wahyu, agama samawi atau agama yang Allah ridhoi.

Dengan mempelajari filsafat pendidikan islam berarti memasuki arena pemikiran yang mendasar, sistematik, logis, dan universal tentang pendidikan yang bersumber dari ajaran-ajaran Islam. Filsafat Pendidikan Islam adalah konsep berpikir tentang kependidikan yang berlandaskan ajaran-ajaran agama Islam tentang hakikat kemampuan manusia untuk dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh kepribadiannya dijiwai oleh ajaran Islam. Filsafat pendidikan Islam terbentuk dari perkataan filsafat, Pendidikan dan Islam. Penambahan kata Islam di akhir itu untuk membedakan filsafat pendidikan Islam dari pengertian filsafat pendidikan secara umum.

Dengan demikian filsafat pendidikan islam mempunyai pengertian secara khusus yang ada kaitannya dengan ajaran Islam. Kedudukan Filsafat Pendidikan Islam merupakan sebagai alat atau sarana untuk memahami, dan untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan Islam dengan mendasarkan atas keterkaitan hubungan antara teori dan praktek pendidikan. Karena pendidikan akan mampu berkembang bilamana benar-benar terlibat dalam dinamika kehidupan masyarakat.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
DASAR-DASAR MIKROBIOLOGI DAN PENERAPANNYA
DASAR\u002DDASAR MIKROBIOLOGI DAN PENERAPANNYA Image
PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU
PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 12509 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 12509 views  //  0 downloads