ZOOLOGI VERTEBRATA
Temmuz 13, 2021
Sri Maya, Rizki Amalia Nur

Metrics

  • Eye Icon 13041 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 13041 views  //  0 downloads
ZOOLOGI VERTEBRATA Image
Abstract

Zoologi ini berasal dari dua kata Yunani diantaranya zoion, yang artinya adalah “hewan” sedangkan logos, yang artinya “studi tentang”. Jadi dapat atau bisa disimpulkan bahwa defenisi zoologi ini ialah salah satu ilmu yang mempelajari mengenai hewan, baik itu seperti perkembangan embrio, evolusi, distribusi ekologi, prilaku, serta klasifikasi hewan. Hewan vertebrata adalah hewan yang bertulang belakang atau punggung. Zoologi vertebrata membahas tentang pemahaman sistematika berdasarkan analisis struktur (anatomi dan fisiologi) vertebrata, yang meliputi : integumen, otot dan rangka, sistem peradaran darah dan pernapasan, sistem pencernaan makanan, sistem reproduksi, sistem ekskresi, sistem syaraf dan indera, serta sistem endokrin yang meliputi phylum chordata terdiri atas 2 superclassis yaitu Piscess dan Tetrapoda (amphibi, reptilia, aves, dan mammalia).
Memiliki struktur tubuh yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan hewan Invertebrata. Hewan vertebrata memiliki tali yang merupakan susunan tempat terkumpulnya sel-sel saraf dan memiliki perpanjangan kumpulan saraf dari otak. Tali ini tidak di miliki oleh hewan yang tidak bertulang punggung. Dalam memenuhi kebutuhannya, hewan vertebrata telah memiliki system kerja sempurna peredaran darah berpusat, organ jantung dengan pembuluh-pembuluh menjadi salurannya.
Zoologi Vertebrata dengan kompleksitas materi yang cukup tinggi, dan cukup sulit dipahami oleh mahasiswa. Buku Zoologi Vertebrata ini hadir dengan tujuan membantu mahasiswa untuk lebih mudah memahami materi mengenai zoologi vertebrata. Materi yang dibahas dalam buku ini mulai dari Klasifikasi dan Nomenklatur, Chordata Tingkat Rendah, Agnatha, Chondrichtyes, Osteichthyes, Classis Amphibia, Classis Reptilia, Classis Aves hingga Classis Mammalia.
Pembelajaran zoologi vertebrata hendaknya juga dikemas dalam bentuk kegiatan praktikum sehingga pembelajaran berlangsung efektif dan peserta didik betul-betul merasa memperoleh manfaat. Semoga buku ini dapat bermanfaat bukan hanya bagi mahasiswa, namun bagi seluruh pembaca yang ingin mendalami mengenai zoologi vertebrata.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
KOMUNIKASI KESEHATAN (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)
KOMUNIKASI KESEHATAN  (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS) Image
PEDOMAN MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU DAN MAHASISWA
PEDOMAN MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU DAN MAHASISWA Image
BUKU AJAR PERENCANAAN SDM
BUKU AJAR PERENCANAAN SDM Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 13041 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 13041 views  //  0 downloads