MANAJEMEN OPERASI (Tinjauan Teori dan Praktis)
Сентябрь 25, 2020
Nugroho Djati Satmoko, Siti Rosmayati, Resista Vikaliana, Lutfia Puspa Indah Arum, Alfatih S. Manggabarani + 6 more authors

Metrics

  • Eye Icon 32 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 32 views  //  0 downloads
MANAJEMEN OPERASI (Tinjauan Teori dan Praktis) Image
Abstract

Meredith dan Shafer (2016) menyatakan bahwa bagian operasi merupakan 'jantung dari setiap organisasi' karena berfungsi dalam penciptaan nilai dari produk-produk yang dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan terebut, baik yang berorientasi pada laba, nirlaba atau nonlaba. Oleh karena itu, manajemen operasi tidak dapat dipungkiri peranannya sebagai aktivitas utama (core activity) dan bahkan jantung bagi sebuah organisasi atau perusahaan, dalam mentransformasikan faktor-faktor produksi, guna menghasilkan produk berupa barang dan atau jasa yang mempunyai nilai tambah.

Manajemen operasi dikatakan penting karena berkaitan dengan rangkaian aktivitas pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk di olah menjadi barang/jasa yang mempunyai nilai tambah. Aktifitas operasional ini mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Selan itu, Manajemen operasi juga mencakup aktifitas yang berkaitan dengan pengelolaan biaya, kecepatan penyerahan, dan keluwesan proses produksi (quality, cost, delivery, and flexibility oriented – QCDF orientation).

Berdasarkan pemarapan di atas, fungsi operasi merupakan salah satu fungsi strategis bagi sebuah perusahaan, sehingga manajemen operasional tentunya sangat penting untuk dijalankan dengan dalam rangka tercapainya sebuah tujuan perusahaan yang optimal. oleh karena itu, seorang manajer perusahaan harus mampu memahami cara kerja di bagian produksi agar mampu mengelola sumber daya yang dimiliki dengan baik dalam rangka pencapaian tujuan secara efektif dan efisien. Dengan demikian seoarang manajer perusahaan harus mampu melakukan analisis terhadap sistem operasinya sehingga dapat melakukan perbaikan terhadap sistem yang ada dengan pendekatan yang lebih sesuai dengan tuntutan pasar yang sedang dihadapi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGANTAR STATISTIKA TERAPAN
PENGANTAR STATISTIKA TERAPAN Image
PSIKOLOGI KONSUMEN TEORI DAN APLIKASI
PSIKOLOGI KONSUMEN TEORI DAN APLIKASI Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 32 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 32 views  //  0 downloads