BUKU AJAR SENAM
Julho 18, 2024
Hartanto Hartanto

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
BUKU AJAR SENAM Image
Abstract

Buku ini berisi tentang pembelajaran senam mulai dari awal mula senam di dunia sampai proses senam bisa sampai ke Indonesia, lalu menerangkan macam-macam senam dan arti serta manfaat dari olahraga senam itu itu sendiri. Dalam bahasa Yunani sendiri senam berasal dari kata kerja gymnzein yang artinya latihan atau melatih.
Senam merupakan latihan disiplin yang menyatukan beberapa gerakan seperti pengendalian kordinasi, kelincahan, kekuatan serta keindahan gerak tubuh manusia. Kemudian cabang olahraga senam terbentuk dari sumber: Seni pertunjukan, pelatihan militer, profesi kesehatan, dan profesi pendidikan.
Menurut FIG (International Gymnastics Federation) merupakan nama organisasi senam internasional mengklasifikasikan senam menjadi 5 kelompok:
Senam Artistik, diartikan sebagai senam yang memadukan unsur kebebasan dan atletis.
Senam Ritmik, diartikan sebagai gerakan yang mengandalkan gerakan akrobatik
Senam Atletik (Akrobatik), diartikan sebagai senam yang mengutamakan pengendalian tubuh.
Senam Aerobik, diartikan sebagai senam yang memadukan gerakan tubuh dengan irama musik
Senam Trampolin, diartikan sebagai gerakan yang mengandalkan alat lompat yang berupa jaring yang terpasang dari rangka besi

Adapun manfaat yang akan kita ketahui dam buku ajar ini yaitu mengetahui tentang beberapa teknik gerak dasar senam diantaranya guling depan, guling ke belakang, lompat harimau, teknik kayang, sikap lilin di matras, meroda, gerakan menggulung, headstand, handstand, handstand dua siku, dan semacamnya. Selanjutnya manfaat bagi tubuh adalah bagi yang berlatih senam akan dapat mengembangkan daya tahan otot, kekuatan, power, kelenturan, koordinasi, ketangkasan dan keseimbangan. Senam sendiri juga bermanfaat untuk psikis dan lingkungan yaitu anak akan mendorong pemikirannya untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
NILAI ENTREPRENEUR ISLAMI MENUJU KESEIMBANGAN HARMONI JIWA
NILAI ENTREPRENEUR ISLAMI MENUJU KESEIMBANGAN HARMONI JIWA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads