REKONSTRUKSI EPISTIMOLOGI HUKUM KELUARGA ISLAM
Junho 20, 2023
Muchtar Anshary Hamid Labetubun, Parman Komarudin, Moh. Mujibur Rohman, Afrizal Afrizal, Muhammad Sodiki + 7 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
REKONSTRUKSI EPISTIMOLOGI HUKUM KELUARGA ISLAM Image
Abstract

Hukum keluarga secara garis besar dapat dimaknai hukum mengatur tentang pertalian kekeluargaan. Pertalian kekeluargaan ini dapat terjadi karena pertalian darah, ataupun terjadi karena adanya sebuah perkawinan. Dinamika pembaharuan hukum keluarga Islam yang dilakukan oleh Turki, Mesir, Pakistan, Indonesia dan lain-lain adalah upaya untuk menjawab tantangan yang ada pada era modern karena fikih konvensional belum mampu untuk menjawabnya. Tujuan dari pembaruan hukum keluarga Islam dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu unifikasi hukum, pengangkatan status perempuan dan penyesuaian fikih dengan perkembangan zaman.

Dinamika pembaharuan hukum keluarga Islam di Indonesia telah terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, berproses dengan kondisi dan situasi serta sesuai dengan tuntutan zaman yang telah dilalui. Hal ini disebabkan karena norma-norma yang terkandung dalam kitab-kitab fiqh tidak cocok atau sudah tidak mampu lagi memberi solusi atau jawaban terhadap masalah-masalah baru yang terjadi khususnya dalam bidang hukum keluarga. Perlu diketahui secara sederhana, fiqih memiliki dua wilayah, ada wilayah prinsip, dan ada wilayah fleksibel. Demikian juga dengan hokum keluarga tentu ada wilayah prinsip, dan ada wilayah fleksibel. Wilayah prinsip serupa dengan hukum alam tidak bisa dan tidak mungkin diubah seperti rukun nikah dan wilayah kedua adalah wilayah fleksibel, atau lebih tepat disebut sebagai wilayah perbedaan, aspek ini yang mentoleransi adanya perbedaan dalam penetapan hukumnya, seperti pembatasan syarat polygamy yang diperketat.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM
PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM Image
DASAR-DASAR MIKROBIOLOGI DAN PENERAPANNYA
DASAR\u002DDASAR MIKROBIOLOGI DAN PENERAPANNYA Image
PUBLIC RELATIONS (KOMUNIKASI STRATEGIS, DIGITAL DAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL)
PUBLIC RELATIONS  (KOMUNIKASI STRATEGIS, DIGITAL DAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads