SISTEM TERDISTRIBUSI
Maio 18, 2023
Fahmi Ajismanto, Mahmud Mahmud, Guntoro Barovih, Frits Gerit John Rupilele, Guntoro Guntoro + 6 more authors

Metrics

  • Eye Icon 583 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 583 views  //  0 downloads
SISTEM TERDISTRIBUSI Image
Abstract

Sistem terdistribusi merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dan bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas. Sistem terdistribusi dapat dibangun dengan berbagai macam arsitektur dan menggunakan berbagai teknologi komunikasi. Sistem terdistribusi mulai dikembangkan pada tahun 1960-an, ketika pertama kali terjadi perkembangan teknologi komputer dan jaringan. Sejalan dengan perkembangan teknologi komputer dan jaringan, sistem terdistribusi mulai diaplikasikan dalam berbagai bidang, seperti perbankan, perusahaan-perusahaan besar, pemerintahan, dan lainnya. Salah satu contoh pemanfaatan sistem terdistribusi adalah dalam penyimpanan data dan file sharing.

Dengan menggunakan sistem terdistribusi, data dapat disimpan dan diakses secara bersamaan oleh beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan. Hal ini memudahkan bagi pengguna untuk mengakses dan memperbarui data secara bersamaan, tanpa harus tergantung pada satu komputer server utama. Contoh lain adalah dalam pemrosesan data dan permodelan. Sistem terdistribusi dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang membutuhkan komputasi yang besar, seperti permodelan meteorologi atau simulasi nuklir. Dengan menggunakan banyak komputer yang terhubung dalam jaringan, sistem terdistribusi dapat mempercepat proses permodelan dengan membagi beban komputasi ke berbagai komputer.

Selain itu, sistem terdistribusi juga dapat digunakan dalam aplikasi-aplikasi yang membutuhkan keandalan tinggi, seperti sistem telepon atau sistem pembayaran. Dengan menggunakan sistem terdistribusi, aplikasi tersebut dapat tetap berfungsi meskipun terjadi gangguan pada salah satu komputer dalam jaringan. Maka dari itu Sistem terdistribusi adalah sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang terhubung bersama dan bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas (Zhang et al., 2017).

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
METODE PENELITIAN HUKUM
METODE PENELITIAN HUKUM Image
CUKAI GAME ONLINE DI INDONESIA
CUKAI GAME ONLINE DI INDONESIA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 583 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 583 views  //  0 downloads