EKONOMI, LINGKUNGAN DAN BENCANA
Abril 17, 2023
Rizka Zulfikar, Hj. Farida Yulianti, Hj. Lamsah Hj. Lamsah, Purboyo Purboyo

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
EKONOMI, LINGKUNGAN DAN BENCANA Image
Abstract

Pertumbuhan ekonomi cenderung disertai dengan penurunan kualitas lingkungan yang merupakan tantangan untuk mewujudkan keberlanjutan pembangunan. Pertumbuhan ekonomi yang baik harus disertai dengan meningkatkan kualitas lingkungan sehingga pembangunan berkelanjutan diwujudkan.

Perubahan ini dapat dilihat dari peningkatan indeks kualitas lingkungan bersama dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlu ada perspektif pengembangan rendah karbon yang mendorong perencanaan pembangunan yang lebih baik. Pembangunan ekonomi tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi karena pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memfasilitasi proses pembangunan ekonomi.

Pembangunan ekonomi menjadi penopang utama atas keberhasilan suatu negara, namun dilain sisi pembangunan juga menjadi problem besar yang harus di hadapi terutama dampak dari proses kegiatan pembangunan terhadap kualitas lingkungan hidup. Permasalahan di dalam pembangunan ekonomi yang harus dipikirkan secara serius adalah bagaimana menghadapi trade-off antara pembangunan dengan upaya pelestarian lingkungan. Pembangunan yang tidak memperhatikan kedua aspek tersebut akan mengakibatkan masalah dikemudian hari dan dampaknya tidak hanya terhadap alam tetapi juga akan berdampak terhadap kehidupan manusia.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads