MENCEGAH STUNTING DENGAN PEMBERIAN ASI DAN MAKANAN PENDAMPING ASI
Janeiro 13, 2023
Bernadetha Nadeak, Carmen M. Siagian, Elferida Sormin, Citra Puspita Juwita

Metrics

  • Eye Icon 45 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 45 views  //  0 downloads
MENCEGAH STUNTING DENGAN PEMBERIAN ASI DAN MAKANAN PENDAMPING ASI Image
Abstract

Populasi ibu menyusui (busui) bayi usia 0 s.d 24 bulan di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sejumlah 203 orang Busui sebagai wakil dari sepuluh desa di Kabupaten TTU, NTT. Adapun tujuan pembuatan buku ini adalah untuk menganalisis pola pertumbuhan bayi 0-24 bulan, prevalensi stunting, prevalensi ASI eksklusif dan non eksklusif, status gizi ibu menyusui termasuk ibu menyusui dengan KEK, faktor risiko KEK pada ibu menyusui.

Buku ini menjelaskan hubungan ASI eksklusif dan non eksklusif terhadap karakteristik bayi berdasarkan umur, jenis kelamin, berat badan anak, panjang badan anak dan lingkar kepala (p>0,05);. Keberhasilan pemberian ASI Eksklusif tidak berdampak terhadap kejadian stunting. Sebagian besar [46 anak] stunting, yang mendapat ASI eksklusif 41 (89,1%) dan sebanyak 5 orang (10,9%) anak mendapat ASI non eksklusif; Kejadian stunting lebih sering terjadi pada bayi berusia lebih dari 6 bulan. Hal ini diasumsikan karena setelah usia 6 bulan para busui tidak lagi memberikan ASI Eksklusif, artinya bayi sudah diberikan makanan pendamping ASI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemberian ASI Eksklusif tetap merupakan asupan gizi yang baik bagi bayi namun sesudah usia 6 bulan harus mendapat MPASI yang sesuai kebutuhan bayi, untuk mencegah stunting di mana hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko terjadinya stunting, yang paling berpengaruh adalah pemberian MPASI pemberian makan sesudah 6 bulan.

Hal ini didukung oleh kejadian stunting meningkat sesudah anak berusia diatas 6 bulan dan hasil uji berhubungan secara signifikan usia anak dan kejadian stunting. Dengan demikian langkah selanjutnya adalah perlunya dilakukan intervensi melalui inovasi MPASI Berbasis Kearifan Lokal yang akan diberikan pada bayi usia 6-24 bulan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN RISIKO
MANAJEMEN RISIKO Image
PENGANTAR PENELITIAN PENDIDIKAN
PENGANTAR PENELITIAN PENDIDIKAN  Image
ELECTRONIC BUSINESS (TEORI DAN PRAKTIK)
ELECTRONIC BUSINESS (TEORI DAN PRAKTIK) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 45 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 45 views  //  0 downloads