PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KONTEKSTUAL DAN PELESTARIAN BUDAYA NATONI
Março 4, 2023
Esti Regina Boiliu, Desi Sianipar

Metrics

  • Eye Icon 29 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 29 views  //  0 downloads
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KONTEKSTUAL DAN PELESTARIAN BUDAYA NATONI Image
Abstract

Dalam memelihara kebudayaan tradisional harus selalu ada upaya pelestarian, bila tidak menginginkan budaya tersebut memudah dari kehidupan masyarakat. Budaya sangat penting karena merupakan identitas dan jati diri masyarakat. Karena itu, kebudayaan harus ditanamkan diwariskan dan diteruskan kepada generasi muda. Pelestarian budaya bertujuan untuk melakukan revitalisasi atau penguatan budaya sehingga kebiasaan yang ada tidak memudar dan pada akhirnya ditinggalkan. Salah satu masalah terkait dengan pelestarian budaya ialah kurangnya kesadaran mengenai pentingnya budaya.
Secara khusus di Kabupaten Timor Tengah Selatan, pelestarian budaya dirasakan kurang mendapat perhatian. Hal ini tampak dari memudarnya pemahaman dan penerapan budaya pada masa kini. Salah satu kebudayaan yang dirasakan memudar adalah budaya Natoni. Budaya Natoni merupakan salah satu tradisi bagi masyarakat Timor Dawan yang dipahami sebagai ungkapan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk syair dengan menggunakan bahasa Dawan dalam tingkatan yang tinggi (bahasa usif). Natoni biasanya dilakukan dalam rangka upacara adat, seperti: perkawinan, penerimaan dan pelepasan tamu, perayaan hari-hari besar gerejawi, perayaan hari raya nasional, kematian, dan upacara adat lainnya.
Sejauh ini, upaya pelestarian budaya Natoni hanya dilakukan dalam bentuk praktik. Hal ini terlihat di lingkungan SMA Kristen 1 Soe yang sering melakukan budaya Natoni dalam acara penyambutan dan pelepasan tamu yang berkunjung, pembukaan acara resmi sekolah (memperingati hari Pendidikan Nasional), ujian praktik kelas siswa XII, mengadakan lomba kesenian yang didalamnya termasuk budaya Natoni. Oleh sebab itu, melalui penelitian ini diharapkan agar budaya Natoni juga dapat diajarkan dalam bentuk materi (teori) dan diusulkan untuk dimasukkan dalam kurikulum Pendidikan Agama Kristen SMA Kristen 1 Soe. Dengan begitu, maka akan disebut sebagai Pendidikan Agama Kristen Kontekstual.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGANGGARAN PERUSAHAAN SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS
PENGANGGARAN PERUSAHAAN  SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS Image
PENGANTAR PASAR MODAL (Konsep dan Praktik)
PENGANTAR PASAR MODAL (Konsep dan Praktik) Image
MENDESAIN PEMBELAJARAN PPKn YANG INOVATIF DAN KREATIF UNTUK MEMBANGUN KOMPETENSI GLOBAL WARGA NEGARA
MENDESAIN PEMBELAJARAN PPKn YANG INOVATIF DAN KREATIF UNTUK MEMBANGUN KOMPETENSI GLOBAL WARGA NEGARA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 29 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 29 views  //  0 downloads