ZOOLOGI VERTEBRATA (TAKSONOMI DAN KEANEKARAGAMAN VERTEBRATA)
Outubro 7, 2021
Muh. Anas, Warda Murti

Metrics

  • Eye Icon 3043 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 3043 views  //  0 downloads
ZOOLOGI VERTEBRATA (TAKSONOMI DAN KEANEKARAGAMAN VERTEBRATA) Image
Abstract

Zoologi vertebrata adalah cabang ilmu biologi yang membahas tentang hewan bertulang belakang. Hewan vertebrata yaitu hewan yang bertulang belakang atau punggung. Memiliki struktur tubuh yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan hewan Invertebrata. Hewan vertebrata memiliki tali yang merupakan susunan tempat terkumpulnya sel-sel saraf dan memiliki perpanjangan kumpulan saraf dari otak. Tali ini tidak di memiliki oleh yang tidak bertulang punggung. Dalam memenuhi kebutuhannya, hewan vertebrata telah memiliki system kerja sempurna peredaran darah berpusat organ jantung dengan pembuluh-pembuluh menjadi salurannya.
Ciri-ciri tubuh hewan yang bertulang belakang: 1. Mempunyai tulang yang terentang dari balakang kepala sampai bagian ekor. 2. Mempunyai otak yang dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak. 3. Tubuh berbentuk simetris bilateral. 4. mempunyai kepala, leher, badan dan ekor walaupun ekor dan leher tidak mutlak ada contohnya pada katak.
Ciri alat tubuh hewan yang bertulang belakang sebagai berikut: 1. Mempunyai kelenjar bundar, endoksin yang menghasilkan hormon untuk pengendalian. Pertumbuhan dan proses fisiologis atau faal tubuh 2. Susunan saraf terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang 3. Bersuhu tubuh panas dan tetap (homoiternal) dan bersuhu tubuh dingin sesuai dengan kondisi lingkungan (poikiloternal) 4. Sistem pernapasan/terpirasi dengan paru-paru (pulmonosum) kulit dan insang operculum 5. Alat pencernaan memanjang mulai dari mulut sampai ke anus yang terletak di sebelah vertran (depan) dan tulang belakang 6. Kulit terdiri atas epidermis (bagian luar) dan endodermis (bagian dalam) 7. Alat reproduksi berpasangan kecuali pada burung, kedua kelenjar kelamin berupa ovalium dan testis menghasilkan sel tubuh dan sel sperma
Hewan bertulang belakang (vertebrata) ini terdiri atas kelas yaitu: 1. Kelas Pisces (Ikan) 2. Kelas Amphibi (Latin amphi = dua, bia = hidup) 3. Kelas Reftilia (Bahasa latin repare = merangkak/ merayap) 4. Kelas Aves (Burung) 5. Kelas mamalia (Bahasa latin mamae artinya kelenjar buah dada, mamalia artinya hewan menyusui).

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Image
MATERI PKN UNTUK MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
MATERI PKN UNTUK MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI Image
PENGANTAR ILMU KEMARITIMAN
PENGANTAR ILMU KEMARITIMAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 3043 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 3043 views  //  0 downloads