STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SPIRITUAL BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN
Dezembro 25, 2020
Putu Herny Susanti

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SPIRITUAL BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN Image
Abstract

Pulau Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata favorit, memiliki keindahan alam yang eksotis, pantainya yang mempesona, dengan segala macam keunikan adat-istiadat, budaya dan kesakralan serta keramah-tamahan penduduknya. Bali tidak memiliki kekayaan alam hasil tambang, hutan dan sebagainya sehingga tidak ada pilihan lain bagi pemerintah dan penduduknya kecuali mengembangkan sektor pariwisata. Tidak terbantahkannya bahwa peran sektor pariwisata di Bali sangat dominan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat baik dari aspek ekonomi, sosial budaya dan lingkungan alamiah.
Sebagai salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki potensi alam dan budaya, Bali bertekad mengembangkan pariwisata budaya sebagai salah satu penghasil devisa dan penyediaan tenaga kerja bagi masyarakat. Pembangunan pariwisata selama ini diarahkan pada giant tourism yang bersifat capital intensif, yang berorientasi pada kuantitas dan pertumbuhan yang tinggi. Strategi pembangunan kepariwisataan yang berorientasi pada pertumbuhan ini sangat mengedepankan: perolehan devisa dan pertumbuhan investasi di sektor kepariwisataan yag tinggi.
Dalam buku ini membahas mengenai dasar daya tarik wisata spiritual yang dilanjutkan dengan strategi pengembangan pembangunan pariwisata dan teori-teori pariwisata kemudian potensi desa wisata budakeling dan partisipasi masyarakat, peran pemerintah dan pengusaha lokal dalam pengembangan serta strategi dan program pengembangan desa wisata budakeling sebagai daya tarik wisata spiritual.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads