Book chapter // CV WIDINA MEDIA UTAMA






TELAAH KURIKULUM : SEBUAH PENGANTAR MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM YANG MENGACU KKNI
Junho 17, 2020
Nurhayati Nurhayati

Metrics

  • Eye Icon 5354 views
  • Download Icon 317 downloads
Metrics Icon 5354 views  //  317 downloads
TELAAH KURIKULUM : SEBUAH PENGANTAR MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM YANG MENGACU KKNI Image
Abstract

Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Beberapa hal fundamental yang harus diperhatikan dalam sebauh Kurikulum adalah, kurikulum harus sesuai dengan falsafah dan dasar negara, yaitu Pancasila dan UUD 1945 yang merupakan pandangan hidup bangsa indonesia. selain itu, Kurikulum juga harus bersifat dinamis, artinya kurikulum dintuntut untuk selalu sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kecerdasan peserta didik, budaya, sistem nilai, dan kebutuhan masyarakat.

Sebagai sebuah pedoman, kurikulum memegang peran strategis dalam seluruh kegiatan pendidikan. Oleh karena itu, penyusunan dan pengembangan kurikulum membutuhkan adanya pemahaman terhadap konsep dasar kurikulum. Pada prinsipnya, Kurikulum disusun secara terpusat terutama pada mata pelajaran pokok, hal tersebut dimaksudkan agar terciptanya pemerataan kualitas peserta didik di seluruh Indonesia. Selanjutnya, pengembangan kurikulum dapat dilakukan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, semua komponen tenaga kependidikan di setiap satuan pendidikan hendaknya memiliki pemahaman yang luas dan mendalam tentang konsep dasar kurikulum, konsep dasar kurikulum yang dipahami tersebut secara operasional menjadi pedoman dalam implementasi kurikulum di masing-masing satuan pendidikan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN MASJID
MANAJEMEN MASJID Image
MANAJEMEN PEMASARAN MIX (KONSEPTUAL DAN PRAKTIS)
MANAJEMEN PEMASARAN MIX  (KONSEPTUAL DAN PRAKTIS) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 5354 views
  • Download Icon 317 downloads
Metrics Icon 5354 views  //  317 downloads