Book chapter // CV WIDINA MEDIA UTAMA






PRILAKU KONSUMEN (RUANG LINGKUP DAN KONSEP DASAR)
Junho 15, 2020
Abdul Kholik, Sri Maulida, Asep Dadan Suganda, Ita Musfirowati Hanika, Hetty Ismainar + 6 more authors

Metrics

  • Eye Icon 812 views
  • Download Icon 546 downloads
Metrics Icon 812 views  //  546 downloads
PRILAKU KONSUMEN (RUANG LINGKUP DAN KONSEP DASAR) Image
Abstract

Perilaku konsumen bisa diartikan sebagai studi tentang individu-individu, kelompok maupun organisasi mengenai segala kegiatan yang berkaitan dengan pembelian, penggunaan atau pun pembuangan barang atau jasa. Perilaku konsumen ini bisa berupa respon emosional, mental atau pun segala hal yang menjadi faktor dasar dalam melakukan tindakan konsumtif.

Perilaku dapat diartikan sebagai tindakan, aktivitas, atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu. Perilaku ini dapat dipengaruhi oleh diri sendiri (internal) maupun disebabkan oleh pengaruh dari luar (eksternal). Perilaku internal bisa menjadi bagian dari karakter atau hasrat yang dimiliki orang tersebut. Sedangkan perilaku eksternal adalah hal-hal persuasif yang membuat seseorang tersebut tergiur terhadap sesuatu. Makna Konsumen sendiri adalah orang-orang yang menggunakan, mengonsumsi atau bisa saja memberdayakan produk-produk tertentu. Konsumen dalam bisnis merupakan bagian dari segmentasi pasar yang selalu menjadi perhatian agar pangsa pasar dapat tepat sasaran. Jadi konsumen adalah bagian penting dalam kegiatan bisnis karena akan berpengaruh terhadap jumlah jual dan profit yang ingin dicapai.

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bersama bahwa Perilaku Konsumen adalah sifat-sifat abstrak yang dimiliki individu maupun kelompok dalam melakukan pencarian, penilaian dan pengaturan barang atau jasa. Proses ini berkaitan dengan unsur waktu, biaya dan usaha yang dimiliki setiap orang sehingga tujuan yang hendak dicapai utamanya adalah agar konsumen dapat melakukan pembelian. Ruang lingkup perilaku konsumen juga mendeskripsikan beberapa bagian atau hal penting berkaitan dengan tindakan atau sikap konsumen terhadap sebuah produk atau jasa. Ruang lingkup ini bisa terdiri dari beberapa unit atau kelas sehingga jika diteliti satu per satu maka akan membantu dalam memaksimalkan apa maksud dari perilaku konsumen ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGANTAR EKONOMI MIKRO
PENGANTAR EKONOMI MIKRO  Image
KAJIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF GLOBAL
KAJIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF GLOBAL Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 812 views
  • Download Icon 546 downloads
Metrics Icon 812 views  //  546 downloads