PENILAIAN PRODUKTIVITAS TERNAK (TEORI DAN PRAKTIK)
January 13, 2024
Harapin Hafid, Novita Dewi Kristanti, Nova Rugayah, Nelzi Fati, Nining Suningsih + 12 more authors

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
PENILAIAN PRODUKTIVITAS TERNAK (TEORI DAN PRAKTIK) Image
Abstrak

Kemampuan produksi yang tinggi pada ternak sangat diharapkan oleh manusia. Hal ini disebabkan pada tubuh ternak terdapat sumber bahan pangan yang sangat penting dan berguna bagi tumbuh kembang tubuh manusia. Bahan pangan yang dihasilkan tubuh ternak dapat berupa daging, susu dan telur yang mengandung protein yang sangat berguna dalam tumbuh kembang sel dan organ tubuh manusia, demikian pula turut diperoleh hasil ikutan berupa kulit yang menjadi bahan industri fashion dan kerajinan maupun industri pengolahan gelatin, kerupuk dan pangan olahan lainnya. Semua hasil ternak tersebut bernilai ekonomi sangat tinggi yang membuat sektor peternakan ini menjadi sektor sangat prospek untuk dikembangkan secara komersil. Demikian pula pada ternak yang masih hidup karena banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia, sehingga selalu menjadi fokus perhatian untuk mendapatkan ternak yang besar, berkerangka lebar, berotot kuat dan gemuk pada tipe ternak potongan, serta mempunyai ambing yang besar dengan puting yang normal pada ternak tipe perah.

Kemampuan produksi ternak tidak bisa langsung diketahui pada peternakan yang konvensional yang belum memiliki standarisasi laiknya pada industri peternakan modern. Terlebih dalam kondisi peternakan yang berbasis peternakan rakyat seperti di negara kita. Kemampuan produksi ternak ini dipengaruhi oleh genetik, lingkungan serta interaksi genetik dan lingkungan. Hal tersebut sulit diukur dan diamati dalam praktik peternakan yang instan.

Pengetahuan menilik ternak yang terkait dengan morfologi tubuh ternak, penentuan umur dan pendugaan bobot badan, penilaian skor kondisi tubuh ternak, dan sebagainya, yang merupakan dasar yang baik bagi mereka yang ingin berkecimpung dalam bidang peternakan. Dengan kemampuan yang baik dalam penilaian ternak diharapkan dapat melakukan praktik peternakan yang didasarkan kepada ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga bisa mendapatkan hasil dan keuntungan maksimal dalam industri dan bisnis peternakan. Salah satu Upaya untuk membantu calon akademisi dan praktisi peternakan dalam memahami dan mahir dalam penilaian ternak merupakan tujuan disusun dan diterbitkannya Buku Referensi Penilaian Produktivitas Ternak Teori dan Praktik ini.

Full text
Show more arrow
 

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads