REKAM MEDIS
July 1, 2023
Nurul Khatimah Ismatullah, Yuliani Winarti, Henny Saida Flora, Anggraeni Endah Kusumaningrum, Syamsuriansyah Syamsuriansyah + 9 more authors

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
REKAM MEDIS Image
Abstrak

Pembangunan kesehatan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kenyamanan, dan kemampuan setiap orang untuk hidup sehat sehingga dapat mencapai kesehatan yang optimal sebagai komponen kesejahteraan umum sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (Presiden Republik Indonesia, 1945), selain itu untuk mendukung pembangunan kesehatan yang baik didukung dengan adanya rekam medis di lingkungan kesehatan. Rekam Medis dapat diartikan sebagai berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien.

Pengumpulan data rekam medis dilakukan mulai pasien diterima hingga keluar dari rumah sakit dengan segala macam tindakan maupun pengobatan yang diberikan. Profesi yang mengolah data rekam medis itu disebut petugas rekam medis atau staf ahli informasi medis. Rekam medis sebagai bentuk dari pendokumentasian layanan kesehatan telah ada dan berkembang bersama dengan praktik layanan kesehatan. Namun demikian bahwa tidak setiap catatan adalah rekam medis. Ada batasan tertentu agar suatu catatan atau rekaman dapat disebut sebagai rekam medis dan diperlakukan sebagai rekam medis. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi yang telah merambah bidang pelayanan kesehatan menjadikan bentuk rekam medis menjadi sangat beragam sehingga dikenal istilah rekam medis multimedia (multimedia medical record).

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN PROYEK RUMAH SAKIT
MANAJEMEN PROYEK RUMAH SAKIT Image
USAHA-USAHA MILIK NEGARA
USAHA\u002DUSAHA MILIK NEGARA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads