APLIKASI STUDI EHRA PUSKESMAS PERKOTAAN
May 12, 2023
Moh. Adib, Sunarsieh Sunarsieh, Dedi Satria

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
APLIKASI STUDI EHRA PUSKESMAS PERKOTAAN Image
Abstrak

Studiehra.com merupakan sebuah aplikasi berbasis web, yang didesain khusus untuk digunakan mendukung Studi tentang Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan dengan melihat kondisi fasilitas sanitasi dan higinitas serta perilaku masyarakat pada skala rumah tangga. Website ini menampilkan pemetaan dan penilaian risiko Kesehatan lingkungan dengan ruang lingkup Rukun Warga (RW).

Variabel yang digunakan untuk menganalisa Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan yaitu: (1) Sumber Air (2) Air Limbah Domestik (3) Persampahan (4) Genangan Air (5) Perilaku Hidup Sehat.

Website Studi EHRA yang tersaji saat ini merupakan proses panjang dalam pengembangannya. Diawali dengan Memodifikasi penggunaan Epi Info versi DOS dan menambah penggunaan Epi Info versi windows untuk olah data pada tahun 2020. Tetapi setelah diuji efektivitasnya di lapangan pada tahun 2021, saat digunakan oleh sanitarian Puskesmas kurang fleksibel dan banyak kendala. Tahun 2022 ini dicoba untuk dikembangkan aplikasi yang mudah digunakan dan mudah untuk mendapatkan hasil/output.

Novelty buku ini yaitu aplikasi studi EHRA dengan sasaran Puskesmas Perkotaan dengan ruang lingkup penilaian wilayah RW. Selama ini studi EHRA digunakan tidak menggunakan aplikasi tertentu (dikerjakan secara manual dan perhitungan penilaian melalui form Microsoft Excel), dan ruang lingkup penilaian wilayah Desa/Kelurahan.

Uji coba aplikasi di Puskesmas Tanjung Hulu Kota Pontianak. Survey dilakukan ke 3 kelompok karakteristik wilayah. Wilayah tepi sungai (RW 1 dan RW 13); Wilayah perumahan (RW 2; RW 5 dan RW 6); Wilayah tepi jalan raya (RW 12). Sasaran diperoleh 163 responden/rumah, dengan hasil: RW 1 dan RW 6 dipetakan sebagai wilayah kurang berisiko; RW 2 dipetakan sebagai wilayah berisiko sedang; RW 5 dipetakan sebagai wilayah berisiko tinggi; RW 12 dan RW 13 dipetakan sebagai wilayah berisiko sangat tinggi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MERABA PEREKONOMIAN NAGARI
MERABA PEREKONOMIAN NAGARI Image
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads