KOMUNIKASI KESEHATAN (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)
Mayo 3, 2021
Yuliani Winarti, Anggi Khairina Hanum Hasibuan, Siti Hadrayanti Ananda, Yuhanah Yuhanah, Hastuti Marlina + 9 more authors

Metrics

  • Eye Icon 111 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 111 views  //  0 downloads
KOMUNIKASI KESEHATAN  (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS) Image
Abstract

Dalam berinteraksi manusia membutuhkan kemampuan berkomunikasi agar apa yang ingin disampaikan dapat diterima oleh orang lain. Komunikasi menjadi kemampuan dasar seorang manusia dalam menyampaikan gagasan atau dengan kata lain menjadi jembatan penyampaian sebuah ide, pendapat dari suatu makna yang disampaikan. Seorang profesional kesehatan wajib memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik mengingat dalam melaksanakan tugasnya, harus berinteraksi langsung dengan masyarakat yang heterogen sehingga perlu memahami konsep dan bentuk-bentuk komunikasi.

Buku ini ditulis melalui kolaborasi para pendidik di Indonesia dengan pendekatan teoritis dan praktis. Tujuannya untuk menyajikan inovasi dalam proses pendampingan penambahan wawasan untuk para penikmat buku ini. Pembahasan dimulai dengan ulasan umum mengenai komunikasi baik berdasarkan definisi juga terkait fungsi dan ruang lingkup serta model dalam komunikasi, yang kemudian dilanjutkan secara lebih spesifik mengenai komunikasi kesehatan. Berdasarkan fondasi teori teori perubahan sikap dalam komunikasi kesehatan, pembahasan dilanjutkan dengan perencanaan dan strategi komunikasi antarpersonal efektif dalam komunikasi kesehatan. Semua topik dan tulisan yang disatukan dalam buku ini menekankan pada pentingnya berkomunikasi, sekalipun dalam ruang lingkup dunia kesehatan. Pembahasan dalam buku memahami perilaku pasien, kelompok risiko dan masyarakat kemudian memahami revolusi budaya dan peran komunikator dalam mengelola pesan pada media serta audiens dalam komunikasi kesehatan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN RISIKO
MANAJEMEN RISIKO Image
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 111 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 111 views  //  0 downloads